Kendaraanmu Punya Airbag?

AIRBAGS. Tahukah kamu bahwa airbag hadir untuk menyelamatkan kamu saat terjadi benturan keras saat kamu terlibat kecelakaan? Tahukah kamu bahwa kecepatan daya mengembang airbag bisa sampai 300 km/jam lalu menerpa wajah kamu? Tahukah kamu bahwa mengenakan seatbelt turut membantu kamu bertahan duduk di tempat ketimbang berayun ke depan dan kena pukul airbag lebih keras?

Secara sederhana seatbelt atau sabuk pengaman menahan kamu di tempat duduk agar ledakan airbag tidak semakin keras menerpa wajah saat terjadi benturan. Airbag atau kantung udara sendiri sudah ada sejak tahun 1968 – belum lama juga sih -, dan di jalankan oleh seseorang bernama Allen Breed, disini dialah yang pertama menemukan sistem sensor dan memadu-padankan dengan sistem keamanan airbag di kendaraan.

Sedikit ditarik ke belakang, konsep airbag justru ditemukan oleh seorang bernama Walter Linderer di tahun 1950-an, beliau juga yang mematenkan sistem airbag dimana kesempurnaannya di-finalize oleh Allen Breed tadi. Seiring waktu berjalan brand Ford yang lantas jadi pabrikan pertama yang menempelkan fitur airbag pada produk kendaraannya.The rest is history.

Kamu pasti tidak ingin airbag mu mengembang bukan? Nah sebelum “meledak” tepat di wajah kamu mulailah belajar mulai dari menghitung ada berapa airbag di sekeliling kamu saat mengemudi. Satu? Dua? Atau justru tidak ada. Mulailah #NyetirLebihBaik agar tidak ada ledakan kantung udara 300 km/jam persis menghantam wajah kamu. (jess)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.