Tips Perawatan Wiper Mobil

Jika pekan ini nihil agenda mengemudi ada baiknya kamu berikan perhatian sedikit pada kendaraan kamu. Apa-apa saja yang perlu diperhatikan? Tentunya banyak. Salah satunya adalah soal perawatan wiper pada mobil. Tingginya curah hujan dalam beberapa waktu terakhir memaksa pemilik kendaraan untuk lebih peka terhadap kesehatan kendaraan. Berikut tips perawatan wiper pada mobil.

  1. Awas Getas.
    Perhatikan kualitas karet pada wiper. Seperti karet pada umumnya, getas menjadi tolak ukur kualitas pada karet. Jika sudah ada punya berdecit saat dioperasikan mulailah waspada dan cari waktu untuk menggantinya. Umumnya masa pakai wiper adalah 1 tahun, tergantung juga pada pemakaian
  2. Hati-hati Bilas Wiper.
    Bilas memang perkara mudah tapi jika salah bakal rumit endingnya. Saat mencuci kendaraan pastikan karet wiper dibilas tepat guna seperti tidak membilas wiper dengan sabun cuci mobil melainkan cukup siram dengan air bersih lalu biarkan mengering secara alami. Tegakkan wiper agar cepat mengering.
  3. Jaga Fungsi Rangka dan Poros.
    Dengan intensitas pemakaian yang cukup tinggi di musim penghujan tentunya perawatan di luar karet wiper menjadi penting misal soal kelenturan hingga soal porosnya. Berikan pelumas agar pergerakannya terus fleksibel dan jangan lupa jika harus parkir di bawah terik sinar matahari yang terlalu lama wiper bisa ditegakkan agar tidak ada kontak wiper ke kaca, karena saat panas imbas panas pada kaca juga bakal berpengaruh ke kualitas karet.

Nah semoga liburannya bisa bermanfaat, lumayan kendaraan bisa istirahat dan dimanjakan. (jess) | Foto : Pinterest

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *