Lain Aktifitas, Lain Helm. Apa Iya?

Mengapa helm begitu penting?
Untuk ragam aktifitas yang melibatkan lokasi luar ruang dan fisik, pemakaian helm dapat mengurangi risiko cedera berat pada kepala dan bahkan dapat menyelamatkan nyawa anda.

Bagaimana bisa sebuah helm melindungi kepala saya?
Dalam sebuah skenario terjatuh atau terbentur, dampak energi yang terjadi akan diserap oleh pelindung kepala (helm) ketimbang langsung menuju kepala dan bagian dalamnya.

Apakah ini berarti helm mencegah gegar otak?
Tidak. Waspadai saat ada helm yang berani memberikan jaminan bahwa produknya mampu mencegah efek gegar otak saat terjadi tumbukan. Hingga saat ini tidak ada bukti sahih dari sebuah produk yang mampu mencegah gegar otak. Produk-produk yang beredar di pasaran diciptakan untuk menyerap dampak keras sebuah energi benturan yang secara fakta dapat mencederai patah tulang (tengkorak) dan cedera otak parah.

Soal gegar otak dapat dipastikan terjadi pun saat getaran yang diterima kepala dalam skala kecil.

Apakah semua helm sama?
Tidak. Meskipun semua jenis helm diciptakan untuk melindungi kepala namun peruntukan dan pemakaiannya sangatlah berbeda. Pastikan saat beraktifitas pemilihan helm dilakukan secara tepat dan cermat dengan melihat kembali risiko cedera yang mungkin ditimbulkan, misal anda tidak dapat mengenakan helm sepeda untuk beraktifitas dengan sepeda motor karena efek kecepatan yang ditimbulkan kendaraan amatlah berbeda.

Nah sejauh ini apakah anda sudah mengetahui seberapa pentingnya sebuah helm? Artikel-artikel mendatang akan lebih dalam berbicara tentang peran helm dalam keselamatan anda berkendara. (jess) | Foto : Google

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.