Lakukan Prosedur “Head Check” Saat Sedang Berkendara

Pernah dengar prosedur berkendara bernama “head check”? Di lain tempat ada yang menyebutnya “shoulder check”, ada pula yang menyebutnya sebagai “glance over your shoulder”. Jika kamu belum pernah dengar maka artikel berikut akan kasi jawabannya secara sederhana. Berikut adalah “head check” dan apa manfaatnya saat kamu berkendara, baik saat mengemudikan mobil, pun motor.

  1. “Head Check” atau “Shoulder Check” adalah prosedur gerakan menolehkan kepala baik ke kiri maupun ke kanan sebatas arah pundak dengan mata tertuju ke sekitarnya.
  2. “Head Check” punya manfaat untuk menghapus efek dari Blind Spot atawa daerah yang tidak dapat terjangkau oleh mata.
  3. “Head Check” sedikit berbeda dengan gerakan melihat sekeliling lalu lintas, “Head Check” justru menghapus bidang pandang yang tidak terlihat seperti disebut di atas.
  4. “Head Check” dilakukan sesaat sebelum kamu bergerak masuk ke dalam lalu lintas atau sesaat sebelum kamu pindah lajur.
  5. Dikenal juga sebagai “Menoleh Sekilas”, cara ini untuk meyakinkan bahwa di sekitar kamu tidak ada objek lain yang mengganggu.

Di negara-negara maju (seperti Eropa) bahkan prosedur ini jadi mandatory alias wajib dilakukan saat hendak bergerak, jika dilupakan maka bersiap surat izin mengemudi tertunda hingga beberapa bulan ke depan. Kalo di Indonesia? Kamu tau sendiri jawabannya kan. (jess) | Foto : Google.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.