Tips Memilih Jas Hujan untuk Pengendara Motor

Untuk pengendara motor musim hujan jelas jadi momok tersendiri dan harus di siasati agar bisa tetap beraktifitas seperti biasa. Lalu bagaimanakah cara memilih jas hujan terbaik agar kita tetap bisa aman berkendara. Berikut adalah 3 tips sederhana cara memilih jas hujan terbaik bagi pengendara motor.

  1. Gunakan selalu jenis baju-celana dan bukan model jubah. Alasannya jelas dari sisi keamanan dimana kemudahan bergerak saat melakukan manuver akan lebih sulit dilakukan saat kita mengenakan jas hujan model jubah. Ini belum lagi adanya potensi terjepit gir sepeda motor atau masuk ke roda belakang.
  2. Gunakan satu ukuran lebih tinggi. Beberapa pengendara motor bahkan menggunakan dua ukuran lebih tinggi. Ini penting karena pada prakteknya kecepatan pakai jas hujan menjadi momen penting sebelum tubuh terlanjur basah kuyup tersiram hujan. Jika membawa tas punggung siapkan juga penutupnya agar tetap terhindar dari potensi kebasahan.
  3. Survey harga. Ada idiom “ada harga ada kualitas” dan ini benar adanya. Sempatkan survey kecil-kecilan ke teman-teman terdekat atau melalui kanal toko online yang mudah dijumpai di aplikasi ponsel. Lebih baik mencari yang berkualitas tinggi ketimbang harus gonta-ganti jas hujan setiap beberapa periode. Perhatikan jenis bahan mulai dari yang berbahan HDPE (plastik tipis), PVC hingga parasut/taslan serta cek pula hingga ke jahitannya.

Tips tambahannya adalah …

Potensi basah hingga ke dalam tentunya bisa disiasati oleh kesediaan baju ganti, sediakanlah baju ganti yang bisa dikenakan di tempat tujuan. Biasanya air masih bisa menyelinap lewat ruang terbuka di leher dan pergelangan tangan, belum lagi jika tubuh kebasahan oleh keringat di bagian dada. Kondisi basah seperti ini tetap bisa terjadi meski jas hujan sudah berkualitas tinggi.

Begitulah 3 tips sederhana memilih jas hujan untuk pengendara motor agar kita senantiasa tetap aktif beraktifitas walau hujan menghadang. (jess) | Foto : Google.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *