10 Tips Agar Kamu Tetap Fokus Saat Mengemudi (2)

Masih melanjutkan artikel sebelumnya, berikut ini adalah bagian berikutnya dari 10 tips agar kamu tetap fokus saat mengemudi seperti dilansir oleh berita joinroot(dot)com ini. Apa lagi ya? Ini dia … . Ingat! Jangan menunggu celaka untuk membuatmu jadi pengemudi mobil yang piawai menjauh dari bahaya.

  1. Batasi interaksi dengan penumpang. Jika membawa anak letakkan mereka pada “child seat” yang sesuai. Jika tidak ada pendamping pastikan anak sudah dalam keadaan kenyang agar tidak “rewel” di jalan yang lantas bisa jadi bagian dari “distracted driving”.
  2. Kamu tidak jago multitasking. Satu tangan di lingkar kemudi, satunya lagi memegang ponsel atau memegang tumbler kopi “terkenang-kenang” atau bahkan menyisir dan menata bulu mata. “Ya saya mampu kok multitasking”. Itu bukan karena kamu mahir, tapi kamu beruntung bisa lolos dari kecelakaan (maut).
  3. Hindari nonton film. Faktanya ada saja yang seperti itu. Menonton film itu tempatnya di bioskop atau ruang tamu dengan televisi berlayar lebar, bukan di dalam mobil dengan ponsel tertempel pada dashboard dan memutar mini-seri.
  4. Sosmed memang menggoda. Masih soal ponsel dan dinamiknya. Ketika seseorang nge-“Like” foto kamu maka secara otomatis pikiran akan teralihkan karena penasaran ingin tau siapa-siapa yang tertarik dengan foto kamu. Kadang seketika kamu ingin segera membalas komentar yang tertinggal. Jangan jadikan kebiasaan ini terbawa saat mengemudi.
  5. Driving is 100% full time job. Penuh waktu, bukan paruh waktu. Konsentrasi jadi taruhan utama karena sepersekian detik saja gagal membaca bahaya dan gagal melakukan antisipasi maka kecelakaan adalah bayarannya. Pastikan kamu segar saat mengemudi, tidak terkantuk dan tidak mudah teralihkan oleh sesuatu yang sebenarnya diatur agar kamu nyaman mengemudi. Batas-batas bahaya dan antisipasinya memang harus kamu ketahui kalo kamu mau termasuk pengemudi yang baik dan profesional, bukan abal-abal.

Nah semoga beberapa tips tadi bisa membuatmu jadi pengemudi yang sadar akan ancaman ya. (Tiff) | Foto : Google

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *