Jalan Lurus Bisa Ganggu Konsentrasi

Jalanan lurus sering kita temui saat berkendara di luar kota atau saat di jalan bebas hambatan (tol). Acapkali panjang jalan lurus tersebut hingga belasan kilometer. Lalu apakah jalan yang lurus dapat mengganggu konsentrasi berkendara? Berikut adalah data dan fakta tentang jalan lurus yang dapat mengganggu konsentrasi berkendara serta bagaimana cara menyikapinya.

  1. Saat bertemu situasi monoton seperti jalan lurus maka psikologis manusia akan bereaksi. Reaksi yang muncul bisa dalam bentuk bosan dan kantuk. Hal ini pernah ada studinya seperti yang dilakukan oleh peneliti asal Prancis, Pierre Thiffault dan Jacques Bergeron, dalam jurnal Accident Analysis and Prevention pada tahun 2001.
  2. Gerak sensorik pada tubuh cenderung sedikit atau rendah saat pengendara mendapatkan situasi monoton seperti jalan lurus tadi. Hal ini berbeda kondisi saat bertemu jalan berkelok.
  3. Antisipasi dengan cukup istirahat seperti tidur. Waktu ideal untuk istirahat/tidur bagi manusia adalah 6 hingga 8 jam dalam sehari, tergantung usia. Saat kekurangan tidur ada ancaman “microsleep” yaitu tidur sesaat dimana otak tertidur sementara fisik sedang bekerja (berkendara). Ini berbahaya karena umumnya berujung pada kecelakaan.
  4. Cermati asupan makanan. Hindari karbohidrat yang tinggi saat hendak melakukan aktifitas berkendara karena saat diolah tubuh efeknya lebih pada kantuk yang akan muncul. Cukupi dengan asupan buah, jus dan sayuran.
  5. Saat mata sedikit gatal dan tangan tak sadar berayun menggosok wajah yang tidak gatal bisa jadi itu sebuah pertanda kelelahan. Kejar “rest area” terdekat untuk kemudian berhenti dan beristirahat.
  6. Batasi asupan kafein dan perbanyak minum putih untuk menghindari efek dehidrasi yang bisa membuat tubuh pengendara tidak bertenaga.
  7. Soal sensorik yang cenderung rendah bekerja maka berikan stimulan agar tubuh tidak terpancing kelelahan seperti misal mengajak bicara teman seperjalanan atau menyalakan musik atau memberikan gerakan mata lebih aktif agar tidak terjebak dalam fase terlalu fokus.

Nah itulah yang dapat kamu ketahui soal jalan lurus yang dapat mengganggu konsentrasi berkendara. Semoga kecelakaan dapat menjauh dari kita bersama ya. (jess) | Foto : Google

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.