Perbedaan Tenaga Kuda dan Torsi secara Sederhana

Mengupas soal teknis memang gampang-gampang susah. Kali ini akan ditampilkan perbedaan antara Tenaga Kuda (Kecepatan) dan Torsi. Seperti diketahui bersama umumnya pemilik kendaraan di Indonesia lebih gemar menanyakan dulu soal “berapa top speed-nya“. Pertanyaan seperti sejatinya butuh di paparkan melalui beberapa riset yang dilakukan menyeluruh sehingga data yang dihasilkan bisa valid. Jika salah satu kendaraan punya “top speed” tinggi apakah kamu akan lantas mencobanya di jalanan publik. Kami sarankan tidak.

Kembali ke soal perbedaan di atas, kecenderungan Tenaga Kuda (Horse Power) mengarah pada kemampuan yang berhubungan dengan kecepatan, sementara torsi lebih bermain pada sisi akselerasi. Lalu pertanyaannya mana yang lebih kamu butuhkan saat kendaraan menghadapi jalan tanjakan nan curam, tenaga kuda atau torsi?

Ada analogi sederhana untuk membedakan Tenaga Kuda dan Torsi ini. Simak. “Horsepower is how fast you hit the wall. Torque is how far you the wall with you”. Terbayang? Tenaga kuda adalah soal seberapa cepat kamu bisa menabrak tembok. Sementara tosi adalah soal seberapa jauh kamu bisa membawa tembok tersebut bersamamu.

Tenaga Kuda vs Torsi

Sedikit mengutip tulisan dari Otomotif Kompas. Anjar Rosjadi, Technical Service Executive Coordinator PT Astra Daihatsu Motor (ADM) mengatakan, torsi itu merupakan momen putar atau gaya yang dihasilkan mesin, biasanya untuk akselerasi. Sedangkan power (tenaga) itu terkait dengan putaran mesin, biasanya untuk kecepatan.

“Agar mudah memahaminya, power (tenaga) adalah energi yang dikeluarkan mesin untuk mencapai top speed (kecepatan tertinggi). Sementara torsi adalah energi yang dikeluarkan mesin, dari kondisi mobil diam sampai kendaraan bergerak,” ucap Didi kepada KOMPAS.com.

Nah semua saling melengkapi dan pemakaiannya saat kendaraan bergerak butuh kemampuan pengemudi untuk melakukan penyesuaian terhadap medan yang akan ditempuh. (dev) | Foto : Googleimages

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *