Tips Hindari Penyebaran Virus Corona bagi Driver Taksi Online

Bagi manusia interaksi memang jadi alat ber-sosial yang baik, tidak heran budaya di Indonesia masih banyak menampilkan interaksi fisik dan berkumpul. Kini, di tengah pandemi Covid-19 budaya tersebut seperti sedang di-koreksi karena justru jadi media ampuh penyebaran virus yang sudah menelan banyak korban jiwa di seluruh dunia. Bagaimana dengan aktifitas seorang pengemudi terutama pengemudi taksi online yang notabene interaksi sosial-nya cukup banyak. Berikut tips menghindari penyebaran virus Corona bagi para driver taksi online dan rekan-rekan seprofesi (baca : taksi konvensional).

  1. Transaksi Elektronik. Pembayaran secara elektronik bisa menghambat perpindahan media uang kertas dan logam dari penumpang ke pengemudi dan sebaliknya. Seperti diketahui bersama bahwa media penyebarannya bisa melalui objek-objek yang tidak kita sangka-sangka meski si penumpang atau si pengemudi dalam kondisi sehat. Serangan terhadap imunitas tubuh benar-benar jadi misi sang virus.
  2. Sediakan Hand Sanitizer. Letakkan satu buah hand sanitizer di dalam kendaraan meski akan “costly” atau ada modalnya.Sarankan selalu kepada penumpang untuk membasuh tangannya.
  3. Letakkan Tissue. Jika masker adalah hal yang sulit untuk dicari maka sediakan tissue jika ada penumpang yang kedapatan sedang batuk atau pilek. Tawarkan sebagai media penahan virus sementara hingga akhir tujuan. Jangan lupa, mau tidak mau pengemudi yang wajib mempersenjatai diri dengan masker.
  4. Matikan AC. Sesekali tidak menyalakan pendingin udara karena faktanya virus melemah pada faktor cuaca panas dan menggila pada suhu udara yang sejuk dan dingin. Parkir di bawah sinar matahari bisa jadi solusi.
  5. Jaga Kebersihan Kendaraan. Rutin cuci kendaraan hingga bagian dalam (interior). Jika memiliki disinfektan mandiri bisa langsung di semprotkan ke seluruh bagian mobil, termasuk jok.
  6. Mandi. Selain mandi wajib bagi kendaraan, pengemudi pun diarahkan untuk langsung mandi bersih-bersih sepulang dari perjalanan. Hindari interaksi dengan keluarga sesaat setelah masuk rumah. Prosedur kebersihan kini jadi penting di era virus Corona. Ganti semua pakaian dan cuci dengan deterjen.
  7. Jaga Kebugaran. Meski di klaim tetap bisa merambat kepada yang sehat, kebugaran jadi penting untuk jadi pagar betis pertama pertahanan tubuh. Asup makanan dengan komposisi 4 Sehat 5 Sempurna, tambahan vitamin jika perlu. Saat rehat di perjalanan ganti asupan kopi kekinian dengan asupan jus buah segar yang dapat dijumpai di berbagai tempat.

Covid-19 memang membuat semua orang rentan menjadi pesakitan atau bahkan sekedar jadi pembawa (carrier). Pastikan himbauan pemerintah di taati bersama jika memang kondisi bepergian tidak benar-benar penting. Pantau seluruh informasi di semua kanal berita dan media sosial untuk ter-update soal jangkauan wabahnya dan hindari lokasi-lokasi yang punya catatan tinggi sebagai area penyebaran virus Corona. Drive safe. (tiff) | Foto : Google

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.