5 Tips Berkendara di Bulan Puasa

Puasa Ramadan 1441 H akan datang esok hari (Jumat, 24/4). Meski masih dirundung pandemi Covid-19 serta masih banyaknya individual yang bekerja dari rumah alias Work from Home. Mereka yang tidak dapat melakukan pekerjaan dari rumah tentunya masih harus berjibaku di jalan raya dan dalam keadaan berpuasa. Berikut adalah 5 tips berkendara di bulan puasa karena momen puasa akan memepengaruhi fungsi kognitif dan efeknya akan langsung ke pengemudi.

  1. Pastikan asupan makanan yang baik saat sahur dan makan malam. Tinggi serat dan asupan air yang mencukupi dapat memberikan tenaga ekstra saat harus berkendara di bulan puasa.
  2. Pastikan punya jam tidur yang mencukupi meski harus terpotong momen sahur atau ibadah sunah lain. Pantau kondisi tubuh sesaat sebelum memutuskan mengemudikan kendaraan karena jika kita kekurangan tidur akan ada imbas kelelahan yang akan menerpa.
  3. Momen PSBB yang cenderung lengang bisa memicu pengendara untuk melaju lebih cepat. Bersabarlah dan selalu sesuaikan kecepatan dan atur emosi sebaik mungkin dengan selalu berpikir positif.
  4. Atur manajemen perjalanan dengan baik. Maksimalkan peta digital untuk memantau situasi perjalanan mulai dari durasi hingga titik-titik zona kuning atau merah terkait penyebaran virus Covid-19.
  5. Gunakan piranti keselamatan dengan baik dan benar. Berikan ruang pertukaran udara agar tidak cepat di dera kelelahan. Saat penggunaan masker menjadi wajib saat PSBB maka pilihlah masker yang punya kinerja baik dalam menahan bakteri dan juga tidak mengganggu alur nafas kita sendiri.

Bulan puasa adalah bulan penuh berkah. Selalu panjatkan doa keselamatan saat berkendara serta ber-ikhitiar baik agar selamat dalam segala macam kondisi. \tiff | Foto : Googleimages

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.