Aturan Bawa Barang di Sepeda Motor

Tahukah kamu kalau di sepeda motor ada aturan untuk bawa barangnya? Atau kamu justru memaksimalkan saja barang bawaan sebesar apapun asal masih bisa jalan dan tidak mempedulikan aspek keselamatannya? Berikut ada aturan bawa barang di sepeda motor sesuai kaidah safety atau keselamatan.

Bicara regulasi aturannya ada di Peraturan Pemerintah no 74 tahun 2014 tentang Angkutan Jalan, Pasal 10 ayat 4 dan Pasal 11. Lalu desakan sanksi yang tertuang dalam Undang-Undang nomor 22 tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan, tepatnya dalam Pasal 311 Ayat 1.

Bicara keamanan plus keselamatan akan mengarah kepada dinamika pergerakan kendaraan dimana pengendara sepeda motor akan mengalami gangguan baik dari sisi berat barang hingga efek aerodinamika berkendara.

Alasannya, keamanan saat bergerak karena dimensi yang berlebih dapat membuat kendaraan tidak stabil serta menghilangkan aspek kenyamanan.

Hindari Berlebihan Bawa Barang

Simak 4 poin utama persyaratan teknis angkutan barang untuk sepeda motor yaitu :

  1. Muatan punya lebar yang tidak melebihi stang sepeda motor
  2. Tinggi muatan tidak melebihi 900 milimeter dari atas tempat duduk pengendara, paling tidak posisinya tidak lebih tinggi dari kepala pengendara
  3. Muatannya ditempatkan di belakang pengendara
  4. Faktor keselamatan adalah faktor yang paling diutamakan

Jika diabaikan tentunya gerakan-gerakan antisipatif saat bertemu situasi darurat akan sulit dilakukan karena gerakan menjadi terbatas sementara gangguan lain adalah soal berat beban.

Nah bagi para kurir atau ojek online yang memang punya misi bawa barang dengan jumlah banyak tentunya harus tetap memperhatikan aspek regulasi dan keselamatan agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.

Atau dari sisi pemesan barang tentunya harus memikirkan barang pesanannya agar tidak menyulitkan pihak kurir dari sisi dimensi barang bawaan.

Bagi yang gemar menjalani perjalanan jarak jauh (turing) atau mungkin saat mudik harus mengetahui regulasi tersebut di atas agar perjalanan tetap dalam kaidah aman dan nyaman berkeselamatan.

Sama-sama mengerti keselamatan yuk. \dev | Foto : Googleimages.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.