Fungsi Punuk pada Baju Balap

Buat penikmat balap motor pasti ngeh dengan sebuah desain unik di punggung baju balap para pembalapnya. Yes, gundukan mirip punuk unta ternyata tidak hanya sekedar desain lho tapi punya banyak fungsi yang mungkin belum banyak kita tau. Apa sih kegunaan dari punuk unta di baju balap tersebut?

Punuk unta tersebut salah satunya berfungsi layaknya radiator bagi tubuh pembalap. Punuk tersebut berisi pemompa air yang menjaga suhu dalam wearpack. Fungsi lainnya adalah sebagai penyimpan air dimana aliran air minum tentunya sebagai bekal pemuas dahaga saat berkendara dalam suhu panas dan dalam kecepatan tinggi.

Semua fungsi di atas tidak serta merta digunakan di setiap momen balap tapi akan menyesuaikan kondisi saja.

Selain soal penyimpan air, punuk dalam kostum balap ber-teknologi tinggi juga jadi alat penyimpan segala macam piranti elektronik kecil salah satunya sebagai otak operasional airbag.

Punuk Unta Baju Balap

Perangkatnya bisa berisi prosesor hingga sensor serta komponen penunjang lainnya yang nantinya akan beroperasi saat pembalap berada di posisi terjatuh. Sensor tersebut akan menghitung dan akan mengeluarkan keputusan perlunya meledakkan airbag untuk menjaga keselamatan pembalap.

Fungsi lainnya lagi juga bisa jadi penahan leher saat terjadi kecelakaan di lintasan karena bentuknya yang menonjol di bagian pundak. Perlindungan bisa mencakup area leher dan punggung si pembalap.

Nah seperti itulah kira-kira fungsi punuk pada baju balap dimana keselamatan serta alih teknologi benar-benar di utamakan untuk menunjang kinerja pembalap dan tim untuk mencapai hasil terbaik. Begitu. \jess | Foto : Googleimages

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.