Kapan Sebaiknya Ganti Helm

Aturan umum yang beredar untuk masa pakai sebuah helm sepeda motor adalah lima tahun. Lalu bagaimana jika helm tersebut kerap jatuh, busa-nya rusak oleh keringat atau bahkan dipakai setiap hari tanpa putus? Adakah pengaruhnya? Berikut adalah tips kapan sebaiknya kamu ganti helm.

  1. Ada mitos bahwa helm bisa saja rusak akibat sering terjatuh saat motor di parkir. Ada benarnya, tergantung seperti apa kondisi jatuhnya dan apakah sampai terguling jauh. Meski helm secara kualitas bisa dibilang kuat – tergantung helm apa memang – tapi saat kerap terjatuh kamu harus waspada akan kualitasnya karena secara struktur di bagian dalam pasti akan mengalami perubahan. Saat dibutuhkan peredaman dalam momen kecelakaan, struktur yang buruk tadi justru dapat memperburuk kondisi kecelakaan kamu.
  2. Berikan penghargaan lebih pada helm kami. Meski secara struktur mungkin bahan plastik, fiberglas hingga carbon fibre punya kualitas baik namun segalanya akan mentah saat helm tidak di rawat dengan benar. Jauhkan penyimpanannya dari bahan-bahan yang mengandung kimia seperti bahan bakar (tidak ditaruh di tangki sepeda motor), cairan pembersih hingga material cat.
  3. Biarkan helm tersimpan tanpa harus tersimpan bersamaan dengan objek-objek keras/berat di dalam helm kamu. Biarkan isi helm dalam kondisi lega agar segala objek bau bisa hilang dan mempertahankan kualitas helm dalam kondisi baik.
  4. Umumnya punya standar masa pakai lima tahun tapi segala bentuk lem, resin dan material lain jelas punya keterbatasan apalagi jika penggunaannya bersanding dengan penyimpanan dan perawatan yang buruk. Semua akan menurunkan kualitas helm itu sendiri.
  5. Material luar memang tidak serta merta memburuk dengan cepat tapi yang perlu diperhatikan adalah material dalam. Saat busa dan padding sudah mengalami perubahan bentuk maka berpikirlah untuk menggantinya segera. Belum lagi potensi karat yang dapat muncul di sistem pengikat. Perhatikan pula apakah dalam pemakaiannya kamu menggunakan layer tambahan atau tidak (misalnya rambut langsung bersentuhan dengan padding). Kondisi terpapar material minyak rambut secara tidak sadar juga bisa menurunkan kualitas padding. Gunakan helmet liner, balaclava atau mungkin kain scarf sebagai pembatas rambut dan padding helm.

Satu hal kenapa kamu harus memikirkan penggantian helm meski belum lima tahun sekalipun adalah soal terus berkembangnya teknologi helm. Semakin teknologi berkembang maka inovasi proteksi terhadap kepala juga mengalami kemajuan.

Soal helm memang gampang-gampang susah, selain secara kualitas harus masuk dalam sertifikasi SNI namun secara kasat mata, misal dari sisi brand juga harus menampilkan kualitas terbaik. Peran konsumen lah yang harus proaktif untuk memilah dan memilih mana helm yang baik dan mana helm yang buruk. Ingat, helm mahal sekalipun belum tentu pas dan benar untuk kamu. Be smart. \dev | Foto : Googleimages

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.