Lima Kesalahan dalam Melakukan Perjalanan Bermotor

Selalu menyenangkan untuk dapat berkendara menuju tempat-tempat yang belum pernah kita datang. Rasa ketertarikan terhadap durasi perjalanan. Rasa penasaran terhadap hal-hal baru hingga ekspektasi bakal terciptanya pengalaman yang mungkin pengendara lain belum rasakan. Di balik itu sebuah perjalanan bermotor bukanlah sebuah agenda spontan yang bisa langsung di eksekusi melainkan ada perencanaan yang butuh waktu untuk di atur. Dikutip dari RideApart, berikut 5 Kesalahan dalam melakukan perjalanan bermotor.

  1. Membawa Barang Berlebih (Overpacking). Tidak banyak ruang yang ada di sepeda motor meskipun mungkin sudah sampai menggunakan 3 pannier alias box barang. Tendensi untuk bawa banyak barang harus benar-benar dipikirkan ulang. Kamu bisa lakukan sortir barang hingga 2-3x untuk menemukan barang apa yang sebenarnya kamu butuhkan. Perhatikan durasi perjalanan dan abaikan membawa selimut padahal kamu punya list untuk menginap di hotel.
  2. Tanpa Persiapan. Ini buruk. Merencanakan perjalanan tanpa persiapan sungguh hal yang buruk. Perhatikan soal rute jalan, berapa liter bahan bakar yang akan dikonsumsi, titik-titik berhenti bahkan hingga titik berhenti yang berhubungan dengan area wisata di sepanjang perjalanan. Rencanakan secara matang dimana kamu akan menginap. Berkendara secara spontan terdengar keren tapi percayalah itu jauh dari kata keren.
  3. Terlalu Fokus pada Tujuan. Anggap Candi Borobudur adalah destinasi utama kamu maka bisa ikut melihat-lihat destinasi lain sepanjang perjalanan. “It’s the journey, not the destination”. Hindari terlalu fokus untuk mencapai tujuan perjalanan karena pengalaman seru lainnya bisa jadi justru di luar tujuan itu sendiri.
  4. Mengeluarkan Dana Terlalu Banyak. Ini hubungannya dengan persiapan, “overspending” justru akan memperburuk situasi perjalanan kamu. Singgah di banyak tempat kuliner memang asyik tapi kerap ini jadi pengeluaran yang sebenarnya tidak perlu. Pun soal penginapan, untuk bisa mencari hotel berbintang nan mahal padahal yang kamu butuhkan hanya waktu singgah bermalam yang singkat untuk berjalan kembali esok paginya.
  5. Menggunakan Riding Gear yang Keliru. Jersey memang keren, atraktif dan menarik. Tapi akan runyam saat destinasi kamu justru ada di tempat ketinggian yang lumayan. Alih-alih keren malah dapat proteksi yang jauh dari kata nyaman. Tetap sertakan perlengkapan berkendara secara ideal mulai dari helm, jaket, celana panjang, sarung tangan hingga sepatu yang cocok dengan medan dan tujuan perjalanan.

Tips-nya memang sebenarnya lebih banyak dari ini dan akan kita angkat lain waktu ya. Nah sekarang kamu bisa maksimalkan rencana perjalanan kamu dari sekarang. Untuk saat ini dan sementara waktu di rumah saja dulu untuk mengikuti himbauan #physicaldistancing. (dev) | Foto : Googleimages

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.