Tips Perawatan Masker Kain Sebagai Penghambat Penyebaran Virus Covid-19

Masker berbahan kain kini hadir sebagai solusi alternatif atas kelangkaan masker medis. Masker kain pun kini sudah masuk dalam himbauan Pemerintah demi menyikapi penyebaran virus Covid-19 yang hingga kini belum bisa ditangkal sepenuhnya. Adakah perbedaan perawatan mengingat masker kain yang lebih realistis bagi masyarakat ternyata juga bukan masker sekali pakai. Berikut lima tips perawatan masker kain agar kegunaannya bisa tepat guna.

  1. Jika kamu pejalan aktif maka sediakan 4-5 masker kain. Kenapa? Karena durasi pakai atas himbauan medis masker kain hanya efektif digunakan selama 4 jam saja. Selepas itu harus disiasati dengan penggantian masker sementara masker yang telah dipakai bisa langsung dicuci bersih untuk pemakaian berikutnya.
  2. Centers for Disease Control and Prevention (CDC) menyatakan bahwa penggunaan masker kain mampu menghambat atau memperlambat penyebaran virus. Dengan penggunaan masker kain ini juga dapat menjadi alat bantu orang yang memiliki virus untuk tidak menularkannya ke orang yang lain.
  3. Untuk perawatan bisa langsung dengan melibatkan deterjen atau penghilang noda. Cuci bersih tangan dengan air mengalr dan sabun sebelum melakukan aksi cuci. Masukkan masker kain ke dalam baskom yang sudah lebih dulu diisi dengan air plus deterjen atawa pemutih. Hindari menguceknya dengan terlalu keras.
  4. Layaknya mencuci pakaian biasa bilas masker kain dengan air mengalir dan pastikan tidak ada sisa deterjen atau pemutih yang tersisa. Kemudian jemur di tempat yang terpapar cahaya matahari dan punya ventilasi udara yang baik.
  5. Akhiri dengan mencuci tangan menggunakan air yang mengalir plus sabun.

Pastikan masker tersebut selalu terpakai saat berkendara dan terapkan himbauan Physical Distancing se-maksimal mungkin agar bersama kita bisa menahan penyebaran virus Covid-19.

Setelah sebelumnya World Health Organization (WHO) menyatakan bahwa penggunaan masker hanya untuk mereka yang sakit kini dengan situasi yang berbeda WHO menganjurkan bahwa semua orang yang keluar rumah wajib menggunakan masker sebagai perlindungan dari infeksi virus yang hingga 12 April ini telah menelan korban jiwa sebanyak 373 orang.

Tetaplah berpikir positif karena penyakit ini bisa sembuh dan catatan pasien sembuh sebanyak 359 orang (data per 12 April 2020) perlahan merangkak naik dan membaik. Bersama kita bisa melawan Corona. \dev | Foto : Googleimages

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.